Wisatawan Muslim Indonesia Tak Perlu Ragu Berlibur ke Taiwan

BeritaKampus –   Wisatawan Muslim Indonesia Tak Perlu Ragu Berlibur ke Taiwan

Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Elly Hutabarat menyampaikan bahwa wisatawan Muslim Indonesia tidak perlu khawatir jika berkunjung ke Taiwan.

“Bagi para penganut agama Islam asal Indonesia tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke Taiwan. Pemerintah setempat sudah memfasilitasi pariwisata halal,” tutur Elly dalam agenda Lokakarya Pariwisata Taiwan di Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Menurut dia, pemerintah Taiwan telah menyiapkan sejumlah infrastruktur dan pranata pendukung, seperti regulasi makanan dan restoran halal, juga pengadaan fasilitas beribadah, seperti musala di sejumlah tempat-tempat umum.

Meski penduduk yang beragam Islam di Taiwan hanya sekitar 300.000 jiwa, namun Taiwan menjadi salah satu negara yang memiliki lingkungan yang ramah bagi umat Islam.

Bahkan, pada tahun 2017, berdasarkan data dari Crescent Rating dan Global Muslim Travel Index (GMTI), Taiwan berada di posisi ke-7 tujuan wisatawan Muslim yang mengunjungi negara non-Muslim.

Ia berharap dengan tumbuhnya jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan juga akan mendorong pendapatan di bidang sektor pariwisata. Sehubungan dengan hal tersebut, Elly mengatakan bahwa sektor pariwisata Indonesia sangat tertolong dengan pertumbuhan pariwisata yang dilakukan kalangan remaja.

“Pada tahun 2017 adalah tahun sulit bagi kami. Namun, terima kasih bagi generasi muda yang menempatkan pariwisata pada urutan kedua pengeluaran setelah kebutuhan pokok,” tutur Elly menjelaskan.

Selain itu, diketahui juga satu dari lima orang Indonesia nerupakan kalangan berpendapatan menengah (middle class income}. “Mereka tetap memiliki alokasi untuk berwisata sehingga menjadi salah satu potensi sumber pendapatan sektor pariwisata,” ucap Elly.

{ Baca Juga, ” Google Bakal Rilis Android P untuk Developer Bulan Ini? ” }

Meski kebanyakan dari mereka mengetahui objek pariwisata dari internet, kata dia, untuk mengurus perjalanan tetap memilih agen pariwisata. “Ini yang membuat kita terus optimistis akan ada pertumbuhan yang lebih baik ke depan. Bagi agen-agen wisata asing juga silakan tawarkan produknya di Indonesia,” katanya.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) di Jakarta John Chen menyampaikan bahwa jumlah wisatawan asing dari Indonesia yang berkunjung ke Taiwan meningkat sebesar 46 persen di tahun 2017.

“Di tahun 2017 jumlah wisatawan dari Indonesia ke Taiwan mencapai lebih dari 189 ribu orang. Kami yakin tahun ini angkanya akan terus mengalami peningkatan,” kata Chen saat ditemui dalam kegiatan Lokakarya Pariwisata Taiwan di Jakarta, Senin.

Wisatawan Muslim Indonesia Tak Perlu Ragu Berlibur ke Taiwan

Wisatawan Muslim Indonesia Tak Perlu Ragu Berlibur ke Taiwan

Menurut ia, salah satu faktor pertumbuhan tersebut ialah adanya komitmen pemerintah Taiwan yang terus mengembangkan produk dan layanan pariwisata halal. Selain itu, semakin tajamnya Kebijakan Baru ke Arah Selatan atau “New Southbound Policy” juga berdampak pada lebih dekatnya hubungan antara Taiwan dan Indonesia. “Melihat ini kami pun bergerak dengan memberikan kemudahan yang lebih baik bagi para WNI yang ingin ke Taiwan,” ujar Judi Online.

Kemudahan tersebut antara lain penyediaan layanan pembuatan visa secara daring dan menggiatkan promosi pariwisata halal dengan menyediakan makanan halal dan Mushola atau tempat ibadah di sejumlah fasilitas umum.

“Menyediakan lingkungan ramah Muslim , seperti sudah tersedianya lebih dari 100 hotel dan restoran dengan sertifikasi halal,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Delegasi Promosi Pariwisata Taiwan Jerry Chen mengatakan bahwa pihaknya berharap jumlah kunjungan dari WNI akan meningkat dan bisa menembus 200 ribu orang.

“Dalam 40 tahun pengalaman saya di bidang pariwisata, perkembangan sektor pariwisata dengan Indonesia menunjukan hasil yang positif,” tutur Jerry saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Secara umum, meski penduduk yang beragam Islam di Taiwan hanya sekitar 300 ribu jiwa, namun Taiwan menjadi salah satu negara yang memiliki lingkungan yang ramah bagi umat Muslim.

Bahkan pada tahun 2017, berdasarkan data dari Crescent Rating dan Global Muslim Travel Index (GMTI), Taiwan menempati posisi ke-7 tujuan wisatawan Muslim pada negara non-Muslim.